Jumat, 10 Juni 2011

makalah mawapres

KATA PENGANTAR
Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena dengan limpahan rahmat dan karunianya, sehingga Penulis dapat menyusun dan menulis sebuah Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “PERANAN INTERNET DALAM MENINGKATKAN MUTUPEMBELAJARAN MAHASISWA DI KAMPUS STMIK SYAIKH ZAINUDDIN NW ANJANI LOTIM”. Di mana, Karya Tulis Ilmiah ini Penulis susun dan buat dalam rangka mengikuti seleksi Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Dies Maulidiyah V STMIK SYAIKH ZAINUDDIN NW Anjani Lotim.
Selanjutnya, ucapan terimakasih Punulis sampaikan kepada Ketua perguruan tinggi STMIK SYAIKH ZAINUDDIN NW Anjani Lotim Bapak Drs.H.Mugni, Sn.,SS.,SH.,M.Pd dan kepada semua Bapak/Ibu Dosen selaku panitia yang telah menyelenggarakan acara seleksi Mahasiswa Berprstasi (Mawapres) ini, karena lewat acara mawapres ini Penulis dapat menuangkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran yang terpendam di dalam otak Penulis ke dalam suatu bentuk Karya Tulis Ilmiah.
Terakhir, tidak lupa juga Penulis mengucapkan terimakasih kepada bapak Fahruurozi S.Pd selaku dosen Pembimbing Akademik (PA) HMPS Pendidikan Bahasa Inggris yang telah mempercayai penulis sebagai utusan HMPS untuk mengikuti kegiatan mawapres ini, serta kepada semua Bapak dan Ibu dosen, teman-teman Mahasiswa dari HMPS Pendidikan Bahasa Inggris dan dari HMPS lain yang telah memberikan support kepada Penulis untuk mengikuti Mawapres ini.
Anjani, 30 Juni 2010
Penulis,



MUKAMMAL
NIM. 08.8.3.113
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii

BAB I : PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang 1
1.2. Rumusan Masalah 3
1.3. Tujuan 3

BAB II : KAJIAN PUSTAKA
2.1. Kampus Stmik Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim 4
2.2. Internet 4

BAB III : PEMBAHASAN
3.1. Kontribusi Internet Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bagi Mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim 6
3.2. Problema Jaringan Internet Yang Ada Di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim 8
3.3. Solusi Terhadap Problematika Jaringan Internet Yang Ada Di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim ………….9

BAB IV : PENUTUP
4.1. Kesimpulan 10
4.2. Saran 10

DAFTAR PUSTAKA 11


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi, yang tidak lagi terbatas pada informasi surat kabar, audio visual dan elektronik, tetapi juga sumber-sumber informasi lainnya yang salah satu diantaranya melalui jaringan Internet. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan, yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri (Utomo, 2004).
Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim yang merupakan salah satu kampus perguruan tinggi yang ada di Lombok Timur Nusa Tenggara Barat yang mengelola dua program study yaitu Tekhnik Informatika (TI) dan Sistem Informatika (SI). Kedua program study ini dikelola sejak mulaiberdirinya kampus STMIK SZ NW yaitu pada tahun 2006 sampai sekarang.
Jika kita mengaju pada awal berdrinya kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim, maka usia STMIK Syaik Zainuddin NW Anjni Lotim adalah sekitar 6 tahun jalan. Jadi dalam jangka waktu yang begitu lama yaitu 6 tahun, tentunya proses pembelajaran dari kedua program study yang dikelola itu telah membuahkan hasil yang cukup baik dan mengalami pengingkatan yang sangat luar biasa.
Sesuai dengann nama kampus dan program yang kelola nya, ita sudah tahu bahwa kampus STMIK SZ NW di dalam meningkatkan mutu pembelajran nya tidak lepas dari yang nama nya jaringan internet. Karena sesuai dengan program yang diemban nya maka di dalam pelaksanaan proses pembelajaran nya, tentunya baik Dosen dan mahasiswa sangat membutuhkan yang namanya jaringan internet untuk mendapatkan hasil pembeljaran yangmaksimal.
Adapun beberapa kegiatan mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW yang sangat membutuhkan jaringan Internet untuk melaksanakan kegiatan tersebut diantarannya:
a. Banyaknya tugas yangharus di kumpulkan melalui Email
b. Kebutuhanuntuk mencari pedoman atau referensi terhadap suatu mata kuliah diinternet, karena sebagaimana yang kita ketahui, mencari buku panduan untuk suatu mata kuliah itu sangat sulit dan selain sulit harganyapun terkadang tidak bisa untuk kita jangkau.
c. Keinginan mahasiswa untuk mengelola Blog di Internet sebagai wujud aplikasi dari ilmu yang mereka dapatkan, karena sebagaimana yang kita ketahui mengelola Blog adalah merupakan salah satu bisnis di Internet, yaitu jika ada satu orang yang mendownload file yang kita simpan di Blog kita, maka secara tidak langsungkita sudah mendapatkanuang senilai $ 0,01.
Berdasarkan dari beberapa hal tersebut maka sangatlah perlu pimpinan STMIK SZ NW untuk memperhatikan hal tersebut demi kemajuan kampus dan peningkatan mutu pembelajaran mahasiswa STMIK SZ NW.
Meski sekarang di kampus STMIK SZ NW Anjani telah dipasang jaringan Internet yang berupa Wireless, namun terkadang membuat mahasiswa menjadi bosan dan terkadang ada yang ngomel-ngomel sendiri. Itu semua dikarenakan oleh jaringan yang telah dipasang sering gangguan dan sangat lambat untuk browsing.



1.2. Rumusan Masalah
1.2.1. Bagaimanakah peranan Internet dalam meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa di Kampus STMIK Syaikh Zainuddi NW Anjani Lotim?
1.2.2. Bagaimanakah cara mengatasi masalah jaringan Internet yang sudah dipasang di Kampus STMIK Syaikh ZAINUDDIN NW Anjani Lotim yang sering gangguan dan lamban untuk browsing (akses)?
1.3. Tujuan
1.3.1. Untuk mengetahui peranan Internet dalam meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa di Kampus STMIK Syaikh Zainuddi NW Anjani Lotim.
1.3.2. Untuk mengetahui cara mengatasi masalah jaringan Internet yang sudah dipasang di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim yang sering gangguan dan lamban untuk browsing (akses).
















BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1. Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim
Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim adalah merupakan salah satu kampus yang berbasis Komputerisasi. Yang mempunyai Visi membangun pemimpin masa depan (building future leader) yang menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta berakhlaqul karimah dengan Misi menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan kajian, serta pengabdian kepada masyarakat secara tersetruktur, terperogram, dan insedental.dan mempunyai Motto: berfikir global berakhlak local (think globally act locally). (stmik, 2010:9)
Jadi sangat jelas sekali bahwa kampus stmik itu adalah salah satu yang berbasis komputerisasi sebagaimana yang telah dijelaskan dalam buku panduan STMIK SZ NW tersebut. Dan disamping berbasis komputer sebagamana yang sudah tertera di dalam Visi dan Misi Stmik SZ NW Anjani lotim yang sangat mengutamakan akhlak, yaitu akhlak lokal (akhlak islam). Meskipun di dalm proses pembelajaran di Kampus STMIK SZ NW Anjani diajarkan mengelnai wawasan yang seluas-luasnya namun kita jangan pernah lepas dari pijakan awal kita yaitu berakhlak lokal(akhlak islami).
2.2. Internet
Internet adalah suatu jaringan komputer yang satu dengan yang lain saling terhubung untuk keperluan komunikasi dan informasi. Sebuah komputer dalam satu jaringan internet dapat berada di mana saja atau bahkan di seluruh Indonesia. Sering juga internet diartikan sebagai jaringan komputer di seluruh dunia yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks. Informasi ini dibuat oleh penyelenggara atau pemilik jaringan komputer atau dibuat pemilik informasi yang menitipkan informasinya kepada penyedia layanan internet.
Wireless adalah Koneksi antar suatu perangkat dengan perangkat lainnya tanpa menggunakan kabel atau nirkabel. Jadi kita bebas melakukan browsing di suatu area yang sudah dipasang jaringan internet tanpa mencolokkan kabel pada laptop atau komputer kita.
Sesuai dengan pemaparan di atas, sangatlah betul sekali lewat internet kita bias mendapatkan berbagai macam informasi dan ilmu sesuai dengan apa yang kita butuhkan dan juga di katakan bahwa internet bisa menghubungkan kita dengan pengguna internet yang satu dengan yang lain yang lain nya, baik melalui Email, Gmail, twitter, facebook dan lain sebagainnya.











BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Kontribusi Internet Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bagi Mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim
Kita ketahui bersama bahwa, sejak dipasangkannya jaringan internet di Kampus STMIK SZ NW Anjani Lotim, penulis (selaku mahasiswa) bersama teman-teman yang lainnya merasa mudah untuk mencari suatu referensi dan pedoaman terhadap suatu mata kuliah atau tugas yang diberikan oleh Dosen.
Sebelum dipasangkannya jaringan internet di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani, semua mahasiswa siswa merasa kesulitan untuk mencari referensi terhadap suatu mata kuliah atau tugas. Karena kita keetahui bersama, bahwa di Perpustakaan Kampus STMIK SZ NW Anjani Lotim buku-buku referensi sangatlah terbatas.
Setelah dipasangkan jaringan internet di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim, bukan hanya mahasiswa STMIK SZ NW mudah untuk mencari referensi, tetapi lebih lebih dari itu mereka tidak susah-susah untuk pergi ke Warnet untuk mengirim tugas mereka yang disuruh ngumpulkan melalui Email oleh Dosen.
Selain itu juga mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim bisa mendownload software-software yang mereka butuhkan, seperti Windows, Microsoft Office, Adobe Reader, Adobe Photoshop dan lain sebagainya tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli software tersebut.
Lebih dari itu mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim juga bisa mengaplikasikan ilmu yang mereka dadaptkan. Seperti pembuatan Email, Gmail, Chatting lewat Facebook, Twitter dan pengelolaan Blog. Karena sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa Blog adalah merupakan salah satu lading bisnis di Internet.
Disamping itu juga dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Kampus STMIK Syaikh NW Anjani Lotim, jika jaringan Internet yang pasang tidak mudah gangguan dan mempunyai daya akses yang tinggi. Maka di kampus STMIK SZ NW bisa diterapkan sistem pembelajaran Elektronik Learning (E-Learning) atau yang sering di sebut dengan pendidikan jarak jauh.
Pendidikan jarak jauh (PJJ) atau distance learning atau distance education adalah sekumpulan metoda pengajaran dimana aktivitas pengajaran dilaksanakan secara terpisah dari aktivitas belajar (Dabutar, 2007).
Jadi pada sistem pembelajaran ini, mahasiswa mersa santai dan tidak mudah bosan, karena sistem pembelajaran ini menarik dan mudah asalkan jaringan internet tetap connect. Karena kita lihat sebagian besar mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani mempunyai Laptop.
Manfaat lain juga bagi Kampus Stmik Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim dari pemasangan jaringan internet yaitu kampus STMIK SZ NW selalu ramai dengan mahasiswa jika internetnya connect, dan bahkan malampun selalu ramai sampai pagi oleh mahasiswa yang sedang browsing.
Disamping nilai-nilai positip yang didapatkan dari pemasangan jaringan internet di Kampus, nilai negatifpun pasti ada. Namun jauh jauh-jauh STMIK SZ NW mengantisifasin hal itu sesuai dengan motto nya berfikir global dan berakhlak lokal. Dan kita ketahui juaga sebagiaian besar mahasiswa STMIK SZ NW Anjani Lotim menimba ilmu di Ma’had juga.
Kalau kita sudah mempunyai dasar atau pondasi iman yang kuat maka sulit bagi kita untuk terperangkap kedalam suatu hal yang menjerumuskan. Meskipun Karena kemajuan yang cepat dalam penyampaian informasi, sekarang ini nilai-nilai yang ditawarkan mudah sekali meyakinkan seseorang. Karena itu orang sering kali sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Orang yang beriman adalah orang yang memiliki penyaring (filter) untuk memilih mana nilai yanag benar dan karena itu harus diambil dan mana nilai yang salah dank arena itu harus ditolak. (agustami, 2004:17)
3.2. Problema Jaringan Internet Yang Ada Di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim
Setelah dipasangkannya jaringan internet di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjan Lotim, mahasiswa sangat merasa senang dan santai dalam mencari referensi terhadap suatu mata kuliah atau tugas yang di berikan oleh Dosen. Tetapi di tengah-tengah kesengan mereka timbul suatu permasalahan yaitu jaringan internet dalam bentuk wireless yang telah dipasang di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim sering gangguan atau offline.
Akibat dari keadaan tersebut, terkadang sebagian mahasiswa merasa kecewa, karena di tengah-tengah keasikan mereka mereka yang mendownload (browsing), jaringan internet di Kampus Stmik Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim offline.
Setelah penulis telusuri permasalahan tersebut, ternyata permasalahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: banyaknya pemakai jaringan, kampus telat bayar uang bulanan dan terkadang jaringan internet di kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW anjani gangguang karena kalah sinyal dengan Hotspot yang ada di UGR.
Permasalahan telat bayar penulis rasa bukan menjadi suatu permasalahan yang sangat berarti, karena setiap satu kali tiga bulan mahasiswa STMIK SZ NW mengeluarkan uang pembayaran. Jadi yang menjadi titik permasalahan yang berarti adalah adalah pada kekuatan sinyal dan daya akses jaringan.
3.3. Solusi Terhadap Problematika Jaringan Internet Yang Ada Di Kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim.
Di atas sudah disebutkan permasalahan nya yaitu pada sinyal dan kekuatan daya akses. Jadi berdasarkan hal itu Penulis akan menawarkan beberapa solusi diantaranya:
a. Mendirikan Tower jaringan internet di Kampus. Jadi Penulis merasa itu adalah suatu hal yang wajar yang harus di lakukan oleh kampus STMIK SZ NW. karena sesuai dengan background kampus dan program study yang dikelola nya. Jika kita berpatokan pada sekolah-sekolah SMK yang ada di Lombok Timur, sudah banyak yang punya Tower internet sendiri, apalagi kita yang lingkupnya kampus yang di dalam nya ada mahasiswa dan dosen.
b. Mengganti jenis Wireless yang sudah dipasang ke jenis yang lainnya yang mempunyai daya sinyal dan akses yang kuat. Jikalau itu tidak bisa dilakukan maka minimal harus diadakan perbaikan jaringan supaya jaringan internetnya tidak sering offline.






BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
Dari karya tulis ilmiyah yang Penulis buat ini, penulis akan menyimpulkan beberapa hal sebagai bahan acuan untuk menjadikan kampus STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim menjadi lebih baik, yaitu di antaranya:
a. Pimpinan STMIK SZ NW harus lebih memperhatikan kebutuhan mahasiswanya terutama mengenai kebutuhan akan jaringan internet.
b. Pimpinan STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim harus melakukan suatu tindakan untuk untuk mengatasi maslah offline jaringan internet yang telah dipasang. Supaya mahasiswa merasa puas di dalam menggunakan pasilitas yang telah di sediakan.
c. Adapun tindakan-tindakan yang harus dilakukan yaitu: Mendirikan Tower jaringan internet di Kampus, atau kalau itu belum mampu untuk dilaksanakan maka bisa dilaksanakan perbaikan jaringan atau penggantian jenis wireless yang digunakan.
4.2. Saran
Terakhir Penulis sangat menyarankan kepada Pimpinan STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani Lotim dan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap kampus STMIK SZ NW, untuk lebih mengutamakan kepentingan mahasiswa terutama mengenai jaringan internet. Karena internet juga merupakan penunjang tingkat daripada mutu pembelajaran di Kampus STMIK SZ NW Anjani.
Penulis sangat beersyukur sekali jika ajuan Penulis ini bisa dilaksanakan, karena walau bagaimanapun penulis juga sebagai mahasiswa di Kampus STMIK SZ NW Anjani jadi bisa merasakan dan mengatahui apa yang menjadi keluhan mahasiswa.
DAFTAR PUSTAKA

Agustami.2004. Keseimbangan Peningkatan Imtak Dengan Penguasaan Iptek, Jakarta: PT.dian arista.

Dabutar, jelarwin. 2007. Infrastruktur Pendidikan Jarak jauh. Artikel Pada Situs “Pendidikan Network. Www.re-searchengines.com.artiel.htm

http://www.amhusite.co.cc/2010/03/kelemahan-wireless.html

http://www.4shared.com/get/8AR2E9rp/pengertian_internet.html

http://www.docs-finder.com/pengertian-peran-doc~2.html

STMIK SZ NW. 2010. Buku Pedoman STMIK Syaikh Zainuddin NW, Anjani: STMIK Sz Nw.

Utomo, Junaidi. 2001. Dampak Internet Terhadap Pendidikan : Transformasi atau Evolusi, Seminar Nasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar